Jenis-Jenis Hewan Peliharaan

Kenali jenis hewan peliharaan yang cocok bagi pemula serta manfaat memelihara hewan peliharaan agar memelihara hewan jadi aktivitas yang menyenangkan

Jenis Hewan Peliharaan –Pandemi yang membatasi ruang gerak dan aktivitas masyarakat, membuat banyak orang yang mengisi kegiatan selama di rumah dengan memelihara hewan peliharaan. Di Indonesia hewan peliharaan bisa dibilang cukup bebas. Ada banyak macam-macam hewan peliharaan yang dapat kamu pelihara, mulai dari jenis hewan peliharaan yang umum dipelihara seperti kucing, anjing, ikan macam-macam hewan peliharaan lainnya. Bahkan di Indonesia, juga banyak ditemukan beberapa orang yang memelihara hewan-hewan unik seperti reptil, tupai hingga kancil (macam-macam hewan peliharaan).

Meskipun ada banyak manfaat memelihara hewan peliharaan, ternyata jenis hewan peliharaan yang dianggap lazim dipelihara di Indonesia, bisa dianggap illegal di beberapa negara lain untuk dipelihara. Siapapun yang memeliharanya akan dikenakan sanksi berupa denda. Alasan dibalik aturan-aturan yang melarang beberapa jenis hewan peliharaan tersebut pun bermacam-macam. Mulai dari alasan keamanan, menjaga kelestarian lingkungan hingga kepentingan kepercayaan (macam-macam hewan peliharaan).

Di Singapura kamu tidak dapat memelihara beberapa macam-macam hewan peliharaan tertentu, contohnya sugar glider karena hewan ini masuk dalam kategori hewan liar. Siapapun yang kedapatan memelihara jenis hewan peliharaan ini akan dikenakan denda sebesar Rp 10 Juta Rupiah. Selain itu Iguana juga menjadi jenis hewan peliharaan yang tidak dapat dipelihara dengan alasan menjaga kelestarian lingkungan (macam-macam hewan peliharaan).

Meskipun banyak macam-macam hewan peliharaan yang termasuk dalam hewan dengan perawatan yang mudah, tetap saja dalam praktiknya pemilik hewan harus berkomitmen untuk merawat dan memelihara jenis hewan peliharaan dengan baik dan benar (manfaat memelihara hewan peliharaan).

Memelihara hewan mungkin tampak rumit untuk sebagian kasus, namun ternyata ada segudang manfaat memelihara hewan peliharaan diantaranya, mengurangsi stres, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta (Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan). Selain mengetahui manfaat memelihara hewan peliharaan, kamu juga perlu menyesuaikan dengan jenis hewan peliharaanmu, karena ada banyak macam-macam hewan peliharaan.

Jika kamu adalah seorang pemula yang masih bingung macam-macam hewan peliharaan, artikel ini adalah bacaan yang tepat untukmu. Dari artikel ini kamu akan menemukan macam-macam hewan peliharaan yang popular di Indonesia, manfaat memelihara hewan peliharaan hingga akhirnya kamu bisa lebih paham mengenai jenis hewan peliharaan apa yang cocok untukmu. Berikut rekomendasi macam-macam hewan peliharaan yang termasuk dalam kategori mudah dipelihara dan cocok untuk pemula, (manfaat memelihara hewan peliharaan).

Jenis-Jenis Hewan yang Sering Dipelihara

Ada banyak jenis hewan peliharaan yang dapat kamu pilih untuk dipelihara. Namun dalam artikel ini kami hanya akan merekomendasikan macam-macam hewan peliharaan yang “ramah” untuk pemula karena perawatannya yang tergolong mudah dan bisa kamu temukan juga dengan mudah. Berikut ini adalah macam-macam hewan peliharaan yang cocok bagi pemula. Simak sampai selesai yaa! (macam-macam hewan peliharaan)

Kucing Kampung

Photo by MabelAmber on pixabay

Kucing menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak dijadikan sebagai peliharaan. Diantara banyaknya pilihan ras kucing yang ada, kucing domestik atau kucing kampung adalah pilihan yang tepat untuk pemula, Selain karena mudah ditemukan, kucing kampung juga lebih mudah dan ekonomis perawatannya dibanding jenis ras kucing yang lain. Karena sudah terbiasa hidup di alam bebas, kucing kampung lebih mudah menerima segala jenis makanan. Hal ini tentu berbanding terbaik dengan kucing ras yang memerlukan makanan khusus untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap sehat dan stabil (macam-macam hewan peliharaan).

Kucing Anggora

Photo by Hang Niu on Unsplash

Jenis hewan peliharaan selanjutnya masih satu jenis dengan sebelumnya yakni Kucing Anggora. Jika kamu ingin memelihara kucing ras ini, sebaiknya siapkan budget lebih untuk biaya perawatannya. Selain harus diberikan makanan khusus agar tubuh dan bulunya tetap sehat, kucing Anggora juga memerlukan grooming khusus untuk menjaga keindahan bulunya yang panjang dan lebat. Memelihara kucing Anggora juga mengharuskanmu untuk benar-benar memperhatikan kebersihan rumah atau kandang kucing karena kucing Anggora rentan terhadap penyakit (macam-macam hewan peliharaan).

Kucing Persia

Photo by lindarczyk on Unsplash

Satu lagi jenis hewan peliharaan dari kucing yang tergolong dalam perawatannya, yaitu kucing Persia. Kucing jenis ini memiliki bulu yang tidak kalah indah dengan anggora, namun dengan bentuk moncong hidung yang lebih unik jika dibandingkan dengan Anggora. Persia juga memiliki bulu yang lebih kebat dan tebal, maka sudah tentu kamu harus memperhatikan kesehatan bulunya agar tetap sehat dan bersih. Kucing jenis ini merupakan kucing yang paling mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan baru (macam-macam hewan peliharaan).

Hamster


Photo by free-photos on pixabay

Bentuknya tubuhnya yang mungil dengan tingkah yang menggemaskan membuat hamster layak menjadi hewan peliharaan pilihanmu. Perawatan hamster terbilang murah dan mudah didapat. Untuk kandangnya cukup diberikan serbuk kayu untuk menjaga kehangatan tubuhnya sedangkan untuk makanannya, kamu bisa menyiapkan makanan khusus hamster yang tersedia di pet shop. Biji bunga matahari juga bisa menjadi alternatif makanan favorit hamster lho! Murah meriah bukan?

Kelinci Fuzzy Lop

Photo by Heidelbergerin on pixabay

Jenis hewan peliharaan selanjutnya masih dalam kategori hewan berbulu. Yap! Kelinci merupakan hewan peliharaan yang aktif dan lincah. Bulunya yang halus dan memiliki berbagai warna juga menjadi alasan banyak orang memilihnya untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Namun ada satu jenis kelinci yang berbeda dengan kelinci lainnya yang aktif dan lincah.

Jenis kelinci tersebut adalah Fuzzy Lop. Jenis kelinci ini justru lebih senang untuk berdiam diri. Tak heran jika dalam sehari-hari kelinci ini hanya terlihat tidur dan bermanja-manja di kandangnya. Namun jenis kelinci ini sangat cocok untuk kamu yang hanya memiliki ruang tinggal yang terbatas.

Kura-Kura


Photo by chikilino on pixabay

Kura-Kura menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang mulai banyak digemari oleh masyarakat. Beberapa jenis kura-kura memang tidak diizinkan untuk dipelihara karena spesies kura-kura tersebut terancam punah. Jenis kura-kura air seperti kura-kura Brazil merupakan spesies yang aman untuk dipelihara. Kura-kura termasuk dalam kategori binatang hias yang sangat mudah dirawat dan dikembang biakkan. Hal yang harus diperhatikan dalam merawat kura-kura adalah memberi makanan yang tepat untuk kura-kura. Makanan kura-kura ini dipengaruhi oleh umur dan jenis kura-kura.

Love Bird

Photo by teahub on teahub.io

Jenis hewan peliharaan yang ramah untuk pemula selanjutnya adalah Love Bird. Mengapa dinamakan Love Bird? Karena jenis burung yang satu ini termasuk jenis hewan peliharaan yang akan mudah bercinta jika menemukan pasangan yang ideal baginya. Oleh sebab itu perkembangbiakannya pun terbilang cukup mudah. Ciri khas dari burung ini adalah corak warnanya yang vibrant dan beragam, mulai dari merah, kuning, hijau muda hingga hijau tua, serta warna kombinasi lainnya.

Sekilas burung ini nampak seperti burung kakak tua, namun jika diperhatikan lebih detail, ukuran love bird lebih kecil jika dibandingkan dengan kakak tua. Untuk perawatannya sendiri kamu cukup sediakan kandang burung yang bersih, kamu harus membersihkannya secara berkala minimal satu minggu sekali agar kondisi burung tetap nyaman dan sehat.

Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan

Bagi beberapa orang merawat hewan peliharaan tentunya memiliki sebuah kesenangan tersendiri saat memelihara hewan peliharaan. Bahkan tak jarang, ada yang sampai diberikan nama dan dianggap sebagai anggota keluarga karena wujud kasih sayangnya terhadap hewan peliharaannya. Dibalik aktivitas menyenangkan yang dilakukan selama memelihara hewan, ternyata ada banyak manfaat memelihara hewan peliharaan, lho! Berikut ini merupakan beberapa manfaat memelihara hewan yang bisa kamu rasakan.

Mengusir Stres

Manfaat memelihara hewan peliharaan ternyata bisa sampai memengaruhi kesehatan dan tingkat stressmu lho! Saat kamu stres dan merasa lelah karena aktivitas harian yang dijalani, kondisi kamu akan drop dan membuat tubuh memproduksi hormone kortisol berlebihan. Kondisi ini akan melemahkan sistem imun sehingga membuat kita gampang sakit. Stres juga dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka panjang bila dibiarkan terus menerus .

Merawat hewan peliharaan sama saja seperti aktivitas menyenangkan untuk mengusir stres. Bermain bersama binatang peliharaan dapat secara lansgung menurunkan kadar kortisol sembari meningkatkan kadar hormone serotonin, oksitonin dan dopamine dalam tubuh.

Hormon-hormon tersebut yang bertanggung jawab menciptakan rasa senang, bahagia, dan ketenangan (rileksasi) ketika kita dilanda stres. Maka dari itu hormone-hormon ini akan berangsur bertambah saat kita bermain bersama hewan peliharaan tercinta.

Menyehatkan Tubuh

Manfaat memelihara hewan peliharaan lainnya adalah menyehatkan tubuh.Memelihara hewan membantu kamu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang merupakan salah satu faktor penyakit jantung.

Selain itu, ikatan batin yang kuat antara majikan dan hewan peliharaan kesayangan dapat menurunkan tensi darah tinggi yang diakibatkan dari stres. Melakukan aktivitas fisik Bersama hewan peliharaan seperti jalan-jalan dan bermain Bersama juga membuat tubuhmu semakin sehat karena kamu menjadi lebih aktif bergerak (manfaat memelihara hewan peliharaan).

Membangun sikap bersosialisasi

Jika kita memelihara hewan peliharaan di rumah, kita akan menganggap hewan peliharaan itu merupakan bagian dari anggota keluarga yang dapat menumbuhkan rasa kasih sayang kita. Perasaan seperti ini bisa memunculkan sikap peduli, empati dan ikatan yang kuat yang dapat dilatih dengan memelihara hewan peliharaan di rumah (manfaat memelihara hewan peliharaan).

Menjadi Seseorang yang Bertanggung Jawab

Sadar tidak sadar, jika kamu memelihara hewan peliharaan di rumah, kamu akan dilatih bertanggung jawab atas pilihan yang kamu ambil. Kamu akan merawat dan menjaga hewan peliharaan kamu dengan sepenuh hati dan diiringi rasa tanggung jawab. Hal tersebut terjadi karena kamu bukan hanya mengurus diri kamu sendiri melainkan makhluk hidup lainnya yakni hewan peliharaan kamu (manfaat memelihara hewan peliharaan).

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pandemi yang sedang terjadi saat ini membuat kita stres karena ruang gerak dan aktivitas kita dibatasi. Hal tersebut dapat menurunkan imun tubuh kita. Hal sederhana yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kita salah satuny adalah dengan memelihara hewan peliharaan. Dengan memelihara hewan di rumah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap pilek dan penyakit ringan lainnya. Hal tersebut terjadi karena kebersamaan dan kebahagiaan yang timbul saat kamu bermain dengan hewan peliharaan kesayanganmu di rumah (manfaat memelihara hewan peliharaan).

Setelah mengetahui macam-macam hewan peliharaan dan berbagai manfaat memelihara hewan peliharaan dirumah, sudahkah kamu menentukan hewan apa yang akan kamu pilih untuk dipelihara di rumah? Bila kamu tertarik untuk memelihara hewan namun masih awam dengan dunianya, Arthacat siap membantu kamu dengan membagikan berbagai informasi menarik seputar dunia hewan peliharaan. Kamu juga bisa menemukan berbagai perlengkapan hewan yang kamu butuhkan mulai dari litter box, mangkuk makanan dan minum, pasir kucing, cat tree, mainan kucing, dan masih banyak lainnya. Dapatkan perlengkapan kucing berkualitas dengan harga terjangkau hanya dari Arthacat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *