Merawat Kucing dan Menjinakkan Kucing

Agar kucing peliharaanmu tumbuh sehat dan happy, kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat kucing yang baik dan benar

Cara Merawat Kucing – Menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan kini menjadi pilihan cukup banyak orang untuk mengusir rasa kesepian dan bosan, apalagi di tengah situasi pandemi yang membuat ruang gerak dan aktivitas masyarakat semakin terbatas. TIngkahnya yang lucu dan menggemaskan, keindahan bulunya, serta kemudahan perawatannya menjadi daya tarik yang membuat kucing begitu disukai banyak orang. Bila kamu termasuk penyayang binatang, memelihara kucing dapat menjadi alternatif hobi baru yang bisa kamu coba (cara memelihara kucing).

Pada hakikatnya, kucing merupakan hewan liar yang dapat bertahan hidup sendiri di alam bebas. Meski menjadi salah satu hewan karnovira, kucing tidaklah seganas atau sebuas hewan liar lainnya. Beberapa cara menjinakkan kucing nyatanya bisa membuat kucing menjadi lebih patuh dan bersahabat dengan manusia (cara menjinakkan kucing).

Tidak semua kucing membutuhkan proses penjinakkan. Beberapa kucing yang sudah terbiasa hidup berdampingan dengan manusia mungkin tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa patuh dan bersahabat dengan manusia. Namun bila kamu hendak memelihara kucing yang tidak terbiasa dengan keberadaan manusia atau tidak terbiasa hidup berdampingan dengan manusia, ada baiknya kamu mempraktikkan bebearapa cara menjinakkan kucing agar hewan ini patuh dan mendengarkan pemiliknya.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara menjinakkan kucing agar hewan ini menjadi penurut, dan bersahabat dengan manusia, baca artikel ini hingga selesai yaa! Tidak hanya cara menjinakkan kucing, artikel ini juga akan membahas cara merawat kucing agar kucing tetap sehat dan terhindar dari stress (cara menjinakkan kucing).

Ketika memutuskan untuk memelihara kucing, tidak hanya cara menjinakkan kucing yang perlu diketahui dan dikuasai. Lebih dari itu, pemilik kucing juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat kucing atau cara memelihara kucing dengan benar dan baik agar kucing peliharaan ini dapat tumbuh sehat, lincah dan bahagia (cara merawat kucing).

Berikut ini merupakan beberapa tips cara merawat kucing yang sederhana dan mudah dipahami, bahkan untuk pemula. Panduan dan tips cara merawat kucing yang dibagikan pada artikel ini merupakan cara memelihara kucing secara umum yang dapat diperuntukkan bgai beragam jenis kucing seperti domestic cat¸ kucing Persia, kucing Siam, kucing Anggora dan beragam jenis ras kucing lainnya.

Pembahasan lebih spesifik mengenai karakteristik, ciri fisik, dan cara memelihara kucing berdasarkan jenis rasnya bisa kamu dapatkan melalui situs website resmi Arthacat dalam waktu dekat. Stay tune terus ya! (cara memelihara kucing).

 

Cara Merawat Kucing

Kim Davies on Unsplash

Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Ketika memutuskan untuk memelihara kucing, terdapat perlengkapan kucing yang wajib kamu siapkan seperti wadah makan dan minum, litter box dan pasir kucing, media untuk bermain dan melakukan aktivitas harian seperti mengasah kuku, serta alat kebersihan kucing seperti shampoo khusus kucing, handuk, dan sikat atau sisir khusus untuk kucing (cara memelihara kucing).

Pertimbangkan segi kualitas ketika akan membeli peralatan mendasar ini karena alat-alat inilah yang akan sering dipakai untuk merawat kucing. Membeli peralatan kucing dengan harga murah namun dengan kualitas yang rendah dirasa kurang bijak karena malah membuat kamu jadi lebih boros dan kucing tidak mendapatkan kenyamanan yang optimal (cara merawat kucing).

Oleh karena itulah pastikan untuk selalu memberikan perlengkapan kebutuhan kucing dengan kualitas terbaik hanya dari Arthacat (cara memelihara kucing).

Penuhi Asupan Nutrisinya

Berikan kucing makanan secara rutin 2-3 kali dalam sehari dengan tetap mempertimbangkan kualitas dan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kini sudah banyak produsen makanan kucing siap santap dalam berbagai bentuk mula dari wet food dan dry food. Sesuaikan jenis makanan kucing dengan kebutuhannya dan berikan variasi makanan agar tidak mudah bosan (cara merawat kucing).

Sebagai catatan, anak kucing membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar dari kucing dewasa. Oleh karena itu, frekuensi pemberian makanan untuk anak kucing akan lebih sering dibanding kucing dewasa (cara memelihara kucing).

Membersihkan Tubuh Kucing Secara Teratur

Jangan biarkan kucing kesayanganmu tak nyaman dengan badannya sendiri karena jarang kamu bersihkan. Bila sudah mulai tercium bau tidak sedap dari kucingmu, jangan segan untuk memandikannya ya! Sebelum memandikan anabulmu, cek terlebih dahulu kondisi kesehatan kucing dan cuaca ya! Gunakan air dingin atau cenderung hangat untuk memandikan kucingmu (cara memelihara kucing).

Gunakan sampo khusus untuk kucing agar keindahan bulu kucingmu tetap terjaga.Bila terdapat kutu di badan kucingmu, gunakan sampo anti kutu khusus kucing dan lakukan perawatan dengan tepat agar kutu kutu tersebut segera hilang dari tubuh kucingmu.

Hindari mengguyur bagian kepala kucing dengan air Perhatikan beberapa bagian tubuh kucing yang sangat rentan terhadap kuman dan bakteri seperti gigi, telinga, dan kuku (cara memelihara kucing)

Sikat atau sisir bulu kucing secara teratur apalagi jika kucing peliharaanmu memiliki bulu yang panjang dan lebat. Selain memberikan rasa nyaman, menyikat atau menyisir bulu kucing juga berguna untuk mengangkat rambut mati, kuman, bakteri hingga kutu yang menempel pada bulu dan tubuh kucing. Cara merawat kucing ini penting untuk rutin dipraktekkan agar kesehatan dan kebersihan tubuh kucing tetap terjaga (cara merawat kucing).

Jaga Kebersihan Kandang Kucing & Litter Box

Ketika kamu memilih merawat kucing di dalam kandang, maka kebersihan kadang perlu diprioritaskan agar kesehatan kucing tetap terjaga. Kamu bisa membersihkan kandang kucing dengan cara membasuhnya dengan mencucinya secara rutin kemudian mengeringkannya di bawah sinar matahari (cara memelihara kucing).
Selain kandang, kebersihan litter box juga penting dijaga dengan baik. Lakukan pembersihan litter box minimal sekali dalam sehari. Rutin ganti pasir dalam litter box dan cuci litter box secara berkala (cara merawat kucing). Jangan biarkan pasir kucing berserakan setelah kucingmu selesai buang kotoran. Gunakan Eva Mat Arthacat agar rumahmu dan kandang kucing terbebas dari ceceran pasir kucing (cara memelihara kucing).

Ajak Kucing Bermain

Seperti halnya manusia, kucing juga bisa merasa bosan bahkan stress jika ia terus-terusan terkurung di rumah tanpa kegiatan. Oleh karena itu cara merawat kucing agar tetap happy dan lincah yang murah meriah adalah dengan mengajaknya bermain bersama. Kegiatan bermain ini bisa kamu lakukan di dalam atau di luar rumah. Kamu bisa menggunakan beragam jenis mainan kucing berkualitas yang dapat melatih ketangkasan dan kelincahan kucingmu (cara memelihara kucing).

Ajarkan Kebiasaan Hidup yang Baik

Layaknya manusia, kucing juga bisa diajarkan agar memiliki kebiasaan hidup yang baik seperti buang kotoran pada tempatnya, makan dan minum dengan teratur hingga tidur di tempat tidurnya sendiri. Biasanya teknik memberikan treat ketika kucing berhasil menuruti perintah mempercepat proses kucing dalam mempelajari sebuah kebiasaan baru. Yang perlu diperhatikan adalah hal ini membutuhkan proses dan kesabaran jadi jangan tergesa-gesa apalagi sampai marah ketika kucing kamu tidak langsung menuruti perintah atau menerapkan kebiaasaan baik yang kamu tanamkan ya! (cara memelihara kucing)

Berikan Vaksin dan Obat Bila Diperlukan

Agar terhindar dari virus dan penyakit, kucing perlu divaksin secara rutin. Konsultasikan hal ini dengan dokter hewan terpercaya dan bila diperlukan, lakukan pemeriksaan rutin sebagai langkah pencegahan dari penyakit kucing yang serius. Berikan obat cacing 3 bulan sekali bial diperlukan (cara merawat kucing).

Cara Menjinakkan Kucing


Paul Hanaoka on Unsplash

Kucing pada umumnya adalah hewan yang ramah dan mudah akrab dengan manusia. Hanya saja karena beberapa kondisi, kucing dapat berubah menjadi agresif, galak atau bahkan menjadi penakut bila berhadapan dengan manusia. Agar kucing bisa lebih dekat dan patuh pada pemiliknya, kamu bisa mencoba mempraktikan cara menjinakkan kucing berikut ini:

Berikan waktu bagi kucing untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Dalam proses ini, jangan terburu-buru ingin melakukan kontak fisik dengan kucing. Sebaiknya amati kebiasaan dan bahasa tubuh kucing agar lebih mudah memahami kebutuhannya (cara menjinakkan kucing).

Berikan perasaan aman dan nyaman untuk kucing, misalnya dengan berbicara menggunakan intonasi suara yang netral,memberikan jarak yang dibutuhkan agar ia tidak merasa terganggu, dan menghindari menyentuh area sensitif dari kucing, contohnya adalah ekor kucing (cara menjinakkan kucing).

Kucing membutuhkan tempat berlindung apalagi ketika ia merasa dalam keadaan terancam. Oleh karena itu, menyiapkan rumah untuk kucing dapat menjadi cara menjinakkan kucing yang tepat.

Seringkali kucing menjadi agresif karena merasa takut dengan manusia yang masih terasa asing baginya. Jika kucingmu sudah lebih tenang, cobalah untuk menggendongnya agar ia bisa mencium aroma tubuhmu. Semakin sering ia mengenali aroma tubuhmu maka semakin mudah untuk ia bersikap jinak pada kamu.

Berikan kucing makan dan minum secara teratur sebagai upaya untuk menjaga kesehatannya sekaligus cara mendekatkan diri dengannya.

Ajaklah kucing untuk bermain bersama. Kamu bisa memanfaatkan cat teaser atau lampu laser bila permainan jarak dekat bukan hal yang memungkinkan dilakukan olehmu bersama si kucing.

Cara Membuat Kucing Nyaman di Rumah

  • Bila kucingmu termasuk kucing full indoor atau kucing yang kesehariannya dihabiskan dengan beraktivitas di dalam rumah, maka penting untukmu mengetahui bagaimana cara membuat kucing nyaman tinggal di rumah.
  • Kucing adalah hewan yang aktif dan lincah. Oleh karena itu ruang gerak yang proporsional penting diperhatikan jika kamu ingin kucingmu merasa nyaman tinggal di dalam rumah. Bila ruangan tempat kucing kamu tinggal tidak cukup luas, kamu bisa menggunakan cat tree sebagai alternatif pengganti agar kucingmu tetap bisa aktif beraktivitas.
  • Siapkan litterbox dan makanan serta air minum yang mudah dijangkau oleh kucing agar ia lebih mudah melakukan aktivitas hariannya seperti makan, minum dan buang air. Meskipun banyak menghabiskan waktu di rumah, jangan biarkan kucingmu merasa bosan. Ajaklah ia bermain agar moodnya tetap happy dan kesehatan tubuhnya juga tetap terjaga,

Merawat kucing memang memerlukan komitmen yang besar dan perlu kreativitas agar kucing merasa nyaman dan aman bersama pemiliknya. Meski begitu, semua kerumitan dalam proses merawat kucing akan terasa ringan manakala kamu bisa melihatnya bertumbuh jadi kucing yang sehat dengan segala tingkahnya yang menggemaskan.

Bila kamu tertarik untuk memelihara kucing namun masih awam dengan dunianya, Arthacat siap membantu kamu dengan membagikan berbagai informasi menarik seputar dunia kucing. Kamu juga bisa menemukan berbagai perlengkapan kucing yang kamu butuhkan mulai dari litter box, mangkuk makanan dan minum, pasir kucing, cat tree, mainan kucing, dan masih banyak lainnya. Yuk kepoin dunia kucing lebih dalam dan dapatkan perlengkapan kucing terlengkap hanya dari Arthacat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *